Fasad Bangunan dengan 1000 Pintu Bekas

Memanfaatkan bahan bekas bangunan seperti pintu ke dalam proyek rumah atau bangunan baru adalah ide baik, tetapi seniman Instalasi dari Korea Selatan Choi Jeong-Hwa membawa ke dalam tingkatan yang jauh lebih baru. Choi Jeong-Hwa mentransformasikan 1000 pintu bekas pakai atau recycled doors dengan  menggunakannya ke dalam sebuah fasad bangunan sehingga tampilannya menarik, penuh warna dan kaya tekstur.

Image

Di Seoul saat ini sedang berjamur bangunan komersial dengan karakter mid-sized, mixed-use yang dikenal dengan huh ga bang, dimana bangunan komersial ini berkembang pesat di seluruh kota dan berada diantara bangunan bangunan lama yang memiliki karakter yang sangat berbeda.

Untuk menjembatani kondisi tersebut, Choi mencoba memanfaatkan situasi ini ke dalam karyanya melalui penggunaan pintu pintu bekas.

Seperti yang ia sampaikan di The Creators Project, dia memutuskan untuk menjadi seniman instalasi karena memang tidak bisa melukis ataupun menggambar.

Dalam kehidupan berkaryanya, Choi mengolah sesuatu yang ia temui sehari harinya.

” … saya sangat menyukai berjalan. Jadi saya biasa berjalan di jalan-jalan dan gang-gang sempit dan menemukan tumpukan sampah dan lokasi konstruksi. Saya menyadari bahwa orang-orang “normal” akan membangun dan menciptakan hal-hal lebih baik dari seniman atau profesional. Dan lagi, apa yang mereka buat lebih alami. Saya memutuskan untuk menjadi orang biasa yang berpikir seperti seorang seniman.”

Salah satu karya Choi sebelumnya di Happy Happy Plastic Stadium adalah instalasi raksasa dengan 1,7 juta plastik bekas dan menjadikannya sebagai cover atau pembungkus fasad Stadion Seoul. Pilihan material adalah plastic recycled atau bekas, dimana semakin murah semakin baik.

Dengan tampilan warna-warna berani, bahan material bekas dan referensi budaya cerdas, berbagai karya Choi terampil mengubah benda sehari-hari menjadi sesuatu yang mengagumkan dan mengundang  rasa ingin tahu. Ada banyak karya instalasi menarik Choi dari bahan daur ulang dan bisa dilihat di situsnya.

Image

Sumber : website treehugger.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: