Kampung Asri Pencetak Entrepreneur

Image

Rumah Perubahan yang digagas oleh Prof. Rhenald Kasali, PhD, Guru Besar FEUI, sosok yang tak asing di dunia akademisi dan praktisi bisnis, merupakan upayanya dalam mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia lebih baik untuk menciptakan lima persen entrepenreneur modern di negeri ini.

Rumah Perubahan menggunakan cara-cara baru dari metode yang diramu sendiri dengan menggabungkan keahlian, pengalaman, pengetahuan, dan pembentukan karakter berbasis myelin. Rumah Perubahan terletak di tengah-tengah perkampungan dengan alam yang asri; gemericik air sungai, kecipak ikan di kolam, padang rumput yang hijau, hutan mini, serta kawasan persawahan, meskipun letaknya tidak jauh dari Jakarta yang bising dan padat.

Rumah perubahan, sebagai sarana pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dan digunakan untuk pelatihan bagi para calon entrepreneur. Di atas tanah seluas 4000m dengan kontur tanah naik dan menurun, berdiri empat gedung: Gedung Powerhouse, Recode DNA, The Crackers dan bangsal penginapan lengkap dengan cafeteria. Menggusung konsep eco Friendly Building yang menyatu dengan alam, keseluruhan gedung menggunakan cirri bata ekspos dan warna natural seperti cokelat dan biru tua

Image

Melewati gerbang kedua dari susunan bamboo dan jalan setapak dari bebatuan tampak Powerhouse, gedung minimalis 3 lantai yang dijadikan kantor Rumah Perubahan. Gedung yang didominasi bata ekspos, pintu kaca frameless sebagai pintu utama juga dikelilingi tanaman hias. Disinilah guru besar FEUI ini menuangkan berbagai ide segarnya untuk menciptakan entrepreneur yang akan mengembangkan bangsa. Di lingkungan asri ini ide bisnis terus mengalir.

Image

Recode DNA didirikan di atas kolam ikan dengan gemericik air yang memberikan keteduhan dan suasana tentram. Dibuat dari kayu Bangkirai yang didatangkan dari Kalimantan, tempat yang akrab sebagai pendopo berfungsi sebagai ruang pelatihan dan mampu menampung hingga 100 orang. Mewujudkan slogan School of Entrepreneurship yang terpampang di pintu masuk Rumah Perubahan, penggemar patung Ganesha sebagai symbol Pendidikan dan Pengetahuan ini menggembleng calon Wirausaha demi kemajuan Bangsa tanpa harus mengandalkan modal asing.

Dua Gazebo unik dan nyaman dibangun diatas kolam nila dan mujair ini, salah satu gazebo ini dilengkapi dengan spa ikan. Pepohonan yang cukup tinggi mengelilingi tempat ini. Keunikan lain terdapat pada pilihan furniture yakni bongkahan kayu jati yang dihaluskan.

Mini Theater, The Crackers, didesain berundak. Lebih menarik lagi kelas ini dihubungkan langsung dengan ruang Gym. Disini peserta mendapatkan ilmu sekaligus kesehatan.

Memberdayakan Masyarakat Sekitar

Hobi berkebun Rhenald Kasali mendorongnya menanam banyak pepohonan unik di Rumah Perubahan, diantaranya pohon zaitun, buah naga, bungo jeumpa, lengkeng, jambu bol, buni, kuweni, ketapang, bintaro, kelapa, srikaya, durian. Masyarakat diberi tanggung jawab mengelola pepohonan tersebut, begitu pula kebun sayur seperti kangkung, sawi, cabai, pare, sampai terong serta sawah dan pemancingan yang terdapat di belakang zona outbond. Hasil panen tersebut boleh diambil kembali oleh masyarakat sesuai kebutuhannya.

Image

RUMAH PERUBAHAN

Jl. Raya Hankam
(Samping Gardu Induk
PLN Jati Ranggon)
Jatimurni, Pondok Melati
Bekasi 17431 Jawa Barat
Telp : (021) 845 90010
(021) 843 04579
Fax : (021) 845 90211
email : info@rumahperubahan.com

Sumber: Majalah Ummi edisi Desember 2011, website rumahperubahan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: