Gardens By The Bay

Architects Wilkinson Eyre  dan landscape architects firm Grant Associates

Dengan luas yang mencapai 101 hektar, Garden by the Bay memberikan suasana yang berbeda akan sebuah taman. Taman yang dibuat di atas tanah reklamasi ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni Bay South, Bay East, dan Bay Central. Saat ini bagian yang baru dibuka adalah Bay South.

Bay South merupakan taman yang paling luas dibanding dua taman yang lain. Luasnya mencapai 54 hektar dan terdiri dari dua dome (green house/rumah kaca dengan tinggi 30 m) besar dan taman terbuka hijau yang di dalamnya terdapat 18 Supertree (pohon raksasa dengan tinggi 50 m). Kedua dome itu berisi ribuan tanaman yang berasal dari daerah tinggi. Suhu di dome itu sangat diatur kelembabannya. Bahkan, di dome Cloud Forest pengunjung langsung diterpa udara sejuk berkabut seperti hawa pegunungan pada pagi hari.

Sebuah air terjun buatan yang mengalir dari ketinggian 35 meter akan menyita perhatian pengunjung. Selain itu, pengunjung akan terpana melihat koleksi tanaman yang terancam punah seperti nepenthes (tanaman pemakan serangga, kantong semar) dan anggrek hutan. Tanaman-tanaman ini terancam punah karena perubahan iklim dan ulah manusia

Pengunjung bisa naik hingga ke puncak air terjun dengan menggunakan lift. Lalu berjalan turun melalui koridor besi yang dibuat mengelilingi air terjun. Koridor besi ini mengingatkan TV Tower di Kota Shanghai, di mana pengunjung bisa berjalan sambil melihat apa yang terjadi di bawah. Dengan demikian, pengunjung merasa seolah-olah sedang berjalan di udara.

Di malam hari, suasana juga tidak kalah menarik karena lampu-lampu beraneka warna ikut memeriahkan suasana di dalam dome yang sudah meriah dengan warna-warna bunga. Dome ini memakai kaca khusus yang menyerap sinar, tetapi tidak menyerap panas. Jika Matahari bersinar sangat terik, pelat baja berbentuk segitiga akan menutup kotak-kotak kaca sehingga mengurangi panas.

Di halaman luar, pengunjung juga bisa menikmati Supertree. Supertree adalah bangunan yang berbentuk pohon raksasa. Kolom pohon ini terbuat dari beton yang ditutup dengan kawat yang telah ditumbuhi beragam tanaman. Pada intinya, Supertree adalah taman vertikal. Jadi, di lahan yang sempit ratusan tanaman bisa ditanam dan menghasilkan oksigen yang menyegarkan.

Supertree itu jumlahnya cukup banyak, yakni 18 buah. Namun, ada beberapa Supertree yang dibuat terpisah dari kelompok besar. Nah, di rumpun yang besar ini pengunjung bisa berjalan di jalan layang setinggi 20 m yang disambungkan dari satu batang ke batang lain. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya bisa memperhatikan tanaman-tanaman yang tumbuh di batang itu, tetapi juga bisa melihat taman dari ketinggian.

Jam buka untuk Taman : 05.00 – 14.00 setiap hari Gratis

Konservatori  : 09.00- 21.00 setiap hari $ 8- $ 28

Alamat : 18 Marina Gardens Hard Singapura 018953

Bagaimana untuk sampai ke Gardens by the Bay melalui MRT/Bus:

Melalui Circle Line:

  • Turun di Stasiun MRT Bayfront (CE1)
  • Ambil B keluar dan ikuti Linkway bawah tanah
  • Keluar dan menyeberangi Jembatan Dragonfly ke Gardens by the Bay

Melalui Jalur Utara-Selatan:

  • Turun di Marina Bay MRT (NS27/CE2) stasiun
  • Ambil jalan keluar A dan hop ke layanan bus 400
  • 4 turun kemudian berhenti di halte bus sepanjang Marina Gardens Hard

 

Sumber : Kompas , De Zeen Magazine, website Garden by The Bay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: