Kucing Dahulu Dan Sekarang

Kucing sebenarnya sudah dipelihara dan dibiakkan ribuan tahun silam. Mulanya lebih banyak diperkerjakan untuk membantu manusia, terutama untuk membasmi hama tikus yang mengganggu persediaan makanan (pangan) di dalam lumbung.

Namun kini memelihara kucing adalah suatu hobi. Mereka dirawat sebagai satwa kesayangan. Bahkan seringkali tidak berbeda seperti merawat anak. Tak mengherankan jika kemudian semakin berkembang ras kucing dengan berbagai penampilan dan karakter.

Sejarah Domestikasi Kucing

Sebuah sumber menyebut bukti Arkeologi tertua dari kucing peliharaan ditemukan di Syprus, kira-kira berumur 7500 SM. Pada situs Neolitik, 9500 SM di Shillourokambos, Siprus Selatan, terdapat pemakaman kucing yang berdekatan dengan pemakaman manusia.

Sementara di Hacilar, Turki, ditemukan patung-patung perempuan yang membawa kucing atau figure menyerupai kucing di tangan mereka. Apakah benar merupakan penggambaran kucing atau bukan. Patung-Patung tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 6000 SM. Kucing dipercaya dipelihara untuk memburu tikus yang menjadi musuh para petani gandum.

ImageImage

Namun teori domestikasi kucing paling banyak diikuti sampai saat ini adalah pada zaman peradaban Mesir. Kerangka kucing ditemukan di sebuah makam predynastic 3700 SM di Hierakonpolis. Kucing tersebut diperkirakan berusia muda dan berjenis kelamin jantan. Reanalisis dari fosil kucing ini mengidentifikasi species kucing tersebut adalah Felis Chaus, kucing hutan berukuran medium yang memang hidup di Mesir, Asia Tengah, Selatan dan Barat. Bahkan Penyebaran populasinya mencapai Asia Tenggara.

Image

Di masa lalu kucing dipelihara dan dibiakkan untuk berbagai keperluan. Termasuk di Mesir, miw atau miu, sebutan kucing kala itu yang pasti mengacu pada suara yang dihasilkannya, digunakan untuk membunuh ular berbisa dan tikus di rumah-rumah maupun di lumbung-lumbung.

Sementara saat ini kucing dipelihara lebih banyak bertujuan untukdijadikan teman alias binatang kesayangan.

Sumber: Flona Serial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: