Bahan Bangunan Yang Sehat

Image

Bahan bangunan yang sehat adalah bahan bangunan yang tidak mengandung racun atau telah  berkurang komposisi penggunaan bahan kimianya. Salah satu cara mengurangi kadar racun adalah dengan menggunakan bahan bangunan yang terbuat dari materi alami, ramah lingkungan.

Image

Untuk mengurangi penggunaan zat berbahaya, seperti cat, tanaman dapat dimanfaatkan. Tanaman rambat dapat berfungsi sebagai penutup dinding. Sisi positifnya tanaman rambat pada dinding dapat membantu menahan panas matahari terserap masuk ke dalam bangunan. Dinding rumah dengan tanaman rambat memerlukan perawatan berkala yang sederhana yaitu pemangkasan daun.

Cat dari Bahan Alami

Cat tembok sintesis menggunakan zat pelarut yang bisa merusak lingkungan. Bagi kesehatan, zat ini juga berdampak buruk karena mengandung zat karsinogenik (pemicu kanker). Terlebih lagi, beberapa cat ada yang mengandung formalin. Uap cat ini dapat memicu berbagai gangguan tubuh, seperti radang mata, hidung dan saluran pernapasan.

Saat ini telah tersedia cat yang menggunakan bahan gamping sebagai campuran cat sehingga ramah lingkungan. Cat ini dikembangkan oleh Akadsemi Kimia Industri (Akin) Semarang.

Cat yang telah tersedia dalam warna putih, kuning, coklat dan hijau ini seluruh bahannya diambil dari alam seperti zat pewarna batik. Misalnya warna merah didapatkan dari daun jati atau kulit pohon pinang. Agar cat dapat menempel dengan baik, digunakan tepung tapioca sebagai zat perekatnya.

Dari segi harga, cat alami lebih murah dan secara teknis menjamin adanya pori-pori di permukaan dinding sehingga dinding dapat “bernapas”. Dengan begitu, risiko pelapukan permukaan setelah pelapisan pun dapat dikurangi.

Cat tembok ini memang penggunaannya masih terbatas dan lebih cocok digunakan untuk permukaan dinding yang tidak halus. Selain itu,  untuk menggunakan cat jenis ini konsumen harus memesan terlebih dahulu karena belum diproduksi secara massa.

Sumber: Serial Rumah, Rumah Nyaman Ramah Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: