Agra & Japur, India

AGRA

Kota inilah yang menjadi rumah TAJ MAHAL. Monumen kebanggaan India yang memang sangat cantik dan megah. Wajar jika Unesco menyebutnya sebagai Permata Muslim India. Dibangun pada 1632, banguna putih ini sangat kontras dengan dua bangunan merah kontras yang mengapitnya. Taj Mahal adalah bangunan yang simetris, baik bentuk maupun garisnya. Ornamen garis pada pilar-piar dari marmer hitam itu sengaja diletakkan membentuk garis tajam ke atas dan ke bawah. Sehingga pngunjung yang berada di kejauhan, akan melihat ilusi optic tiga dimensi.

Image

Taj Mahal adalah lambang cinta Raja Shah Jahan kepada istri ketiganya, Mumtaj Mahal, yang meninggal dan dimakamkan di tempat ini. Makam sang raja letaknya berdampingan dengan makam permaisuri, yaitu di tengah kubah, walaupun itu makam tiruannya, pengunjung tidak boleh mengabadikan makam tersebut. Makam asli ada di bangunan yang sama, namun berada sekitar 3 meter di bawah makam tiruan.

Konon pembangunan Taj Mahal ini melibatkan 20.000 pekerja (tak hanya dari India, tetapi juga dari berbagai bangsa di Asia) dan 1000 gajah untuk mengangkat dan menarik batu-batu pualam tembus cahaya. Saat bulan purnama persis berada di atas Taj Mahal, monumen ini akan terlihat gemerlap oleh cahaya karena pantulan dari batu pualam itu.

Diperlukan waktu 22 tahun untuk membangun Taj Mahal. Gedung bangunan yang putih rupanya sempat kotor oleh polusi dari asap kendaraan dan ratusan pabrik di sekitarnya. Untuk menghindari hal itu terjadi lagi, pemerintah menutup pabrik-pabrik tersebut dan kendaraan dilarang lewat di radius 50 km.

Dalam 1 hari, sekitar 10.000 pengunjung tumpah ruah di Taj Mahal.

JAIPUR

Jaipur adalah kota sejarah, disini ada Amber Fort, sekilas mirip tembok Cina. Karena kompleknya sangat luas, pengunjung disarankan naik gajah. Bangunan benteng ini juga dihiasi banyak marmer, yang dilukis berbagai motif, seperti motif bunga dan motif kegiatan perang. Disini juga banyak terdapat kaca, mozaik dan batu permata.

Image

Konon salah satu selir raja sangat gemar berdandan dan memakai perhiasan di seluruh tubuh. Akibatnya, ia jadi kesulitan berjalan dan harus didorong dengan kursi roda. Itulah mengapa disana ditemukan banyak lorong dan jalan landai untuk dilewati kursi roda.

Ada sebuah bangunan bernama Jai Mahal dalam kompleks ini. Lantainya dihiasi bebatuan dengan dekorasi bunga dan kupu kupu. Bila pintu ditutup, kaca kaca bangunan itu seolah bersinar, karena ada cahaya lilin didalamnya. Sungguh romantic..

Image

Berkunjunglah ke Hawa Mahal, bangunan cantik berwarna pink. Bangunan ini memiliki banyak jendela kecil bagi putri-putri raja untuk menyaksikan prosesi ketika raja akan lewat di depannya.

Terakhir jangan lupamampir ke The Albert Hall Meuseum di kawasan Ram Niwas Garden. Museum yang didirikan tahun 1876 ini menyimpan peninggalan India, khususnya seni dan budaya Rajasthan

Sumber: Artikel Oleh Oleh, Majalah Femina edisi Mei 2010

One comment

  1. tempat wisata yg indah, nice review…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: