Origin Resto & Kitchen

Location: Jl. Sumatra 21 | Bandung | West Java | Indonesia

Project Architect : Fian Rakhmania

Interior Design: APTA

Vertical Garden Module:VGM by ELMICHImage

Origin House & Kitchen yang berlokasi di Jalan Sumatera memiliki konsep yang unik, go green interior dengan atmosfir yang nyaman dan hangat.

Origin House & Kitchen restaurant yang juga menyediakan hidangan sehat dan produk organic. Anda bisa coba menu favorit Sop Pindang Iga atau Grill Australian Lamb Chop untuk Western food juga Healthy Fresh Fruit Salad dan Buffala Mozzarella Salad.

Pemilik dan tim desainer membagi layout bangunan menjadi tiga area yaitu area ritel untuk toko produk organik di muka kaveling, area ritel untuk furnitur dan aksesori (household) di bagian tengah dan area bistro serta bakery untuk bersantap sekaligus bersantai di bagian belakang. Area servis termasuk dapur ditempatkan di bagian samping dan beberapa dinding dan model atap perisai rumah lama dipertahankan.

Dalam rancangan arsitektur ataupun interior bangunan, diterapkan konsep desain 3R yaitu recycle, re-use dan reduce sesuai dengan prinsip pelestarian alam. Masuk ke dalam toko, suasana terasa “segar” dengan finishing dinding berupa cutting sticker dan wallcover yang unik. Sebagian dinding diolah berupa pintu-jendela kaca lebar untuk memaksimalkan pandangan dan memaksimalkan masuknya cahaya alami dan hampir semua furnitur dibuat dari kayu bekas. Tiba di area bistro, suasana langsung terasa lapang dan bernuansa outdoor dengan hadirnya plafon miring yang tinggi dan pepohonan di dalam bangunan. Dulu, area bistro ini merupakan halaman belakang rumah lama lalu dibangun dengan menggunakan struktur balok dan kolom dari besi yang sengaja diekspos dan di-finishing cat warna putih. Bidang penyekat ruang dalamnya dibiarkan transparan sehingga tercipta satu ruangan luas yang ditata untuk area bersantap. Atapnya dirancang model pelana yang kolongnya cukup tinggi sehingga dimanfaatkan jadi lantai mezanin yang diakses melalui tangga model melingkar. Furnitur area bistro dirancang bergaya modern dengan sentuhan retro seperti terlihat pada kaki sofa dan sandaran kursinya.

Dalam aplikasinya, vertical garden ini telah dirancang dalam sebuah sistem modular dimana tiap modul terdiri dari bak kotak persegi berisi 16 unit wadah. Tiap bak dapat ditanami oleh satu jenis tanaman atau lebih yang disusun berdasarkan pola, tekstur, warna dan karakter tumbuh tanaman serta dilengkapi oleh pengairan. Deretan bak disusun dan dikaitkan pada kerangka besi yang disekrupkan menutupi ketiga dinding batas kaveling. Jangan lupa ciptakan sirkulasi udara segar dan masukkan cahaya alami ke arah tanaman sedangkan tanaman yang dipilih sebaiknya dapat hidup dengan cahaya matahari yang minim seperti bromelia, kucai dan kadaka

Sumber Artikel:  Majalah Griya Asri

Sumber Gambar: Page Facebook VGM Vertical Landscape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: